Laman

Sabtu, 24 September 2016

Modul 5 - SIM



Teknologi Internet Dalam Proses Bisnis (meraih keunggulan kompetitif)

Proses Bisnis
Bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan untuk mencari atau memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha yang berlangsung secara terus menerus selama masih memberikan keuntungan.

Proses diartikan sebagai suatu kumpulan dari pekerjaan yang mendukung kegiatan operasional dalam perusahaan.

Proses bisnis berisi kumpulan aktivitas ** yang saling berhubungan satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu hasil yang mendukung pada tujuan dan sasaran strategis sang pelaku/organisasi. ** aktivitas : mengubah input menjadi output yang lebih bernilai.

Dalam proses bisnis banyak pihak yang terlibat dan kesemuanya itu akan terhubung dengan adanya informasi. Informasi dibutuhkan untuk koordinasi antar departemen.

Contoh Proses bisnis 

“Memenuhi Pesanan Pelanggan”
Proses bisnis untuk memenuhi pesanan pelanggan dapat diuraikan sebagai berikut :
  • Bagian penjualan menerima order
  • Order-an diberikan kepada bagian akuntansi (Verifikasi kredit dan cara pembayaran)
  • Turun Perintah Produksi
  • Bagian produksi mengambil bahan dibagian persediaan (gudang bahan baku) selanjutnya melakukan kegiatan produksi
  • Setelah selesai produk dikirim (pengiriman bisa melibatkan jasa Perusahaan Logistik)
 



Peran SI Pemasaran dan Penjualan

Bagi pihak MANAJEMEN
TOP Manajemen - Mengawasi Pergerakan yang mempengaruhi produk baru dan peluang untuk melakukan pemasaran.
MIDDLE Manajemen - Penelitian Pasar, Menganalisa Kampanye Periklanan dan Promosi, penentapan Harga, menganalisa untuk memperbaiki kinerja penjualan
LOW Manajemen - Menempatkan personel untuk menghubungi pelanggan, Melacak penjualan, Memproses pesanan, Menyediakan layanan dukungan kepada pelanggan

Internet
Saat ini Internet dipergunakan untuk berbagai aktivitas seperti komunikasi, riset, transaksi bisnis dan lainnya. Teknologi internet menghubungkan jutaan jaringan komputer individual dan organisasi di seluruh dunia.

Teknologi Internet telah merevolusi kegiatan bisnis pada saat ini. Dengan kecanggihan teknologi internet, keterbatasan jarak dan waktu dalam bisnis dapat teratasi. Perusahaan menggunakan internet untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan calon pelanggan melalui aktivitas OnLine (Pemasaran maya).


Dampak Internet
Internet hampir menghancurkan beberapa industri dan mengancam yang lainnya.


Peran internet



Rantai Nilai dalam Internet

  • Suatu perusahaan yang mempunyai hubungan internet dengan para pelanggannya bisa menyediakan manfaat bisnis dan peluang untuk keunggulan bersaing.
  • Perusahaan yang mempunyai hubungan  internet dengan para penyalurnya bisa menggunakannya untuk menciptakan keunggulan bersaing



Keunggulan media Internet dibanding media lainnya bagi dunia usaha

  • Revenue Stream (aliran pendapatan)
  • Operating Cost (biaya operasional)
  • Global Reach (jangkauan global)
  • Customer Loyality (loyalitas pelanggan)
  •  Suplier Management (pengaturan pengiriman) 3PL
  • High Fleksibility (tingkat fleksibilitas yang tinggi)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar