Teknologi Internet
Dalam Proses Bisnis (meraih keunggulan kompetitif)
Proses Bisnis
Bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan
jasa dan barang yang bertujuan untuk mencari atau memperoleh keuntungan
kepada pihak yang berusaha yang berlangsung secara terus menerus selama masih
memberikan keuntungan.
Proses diartikan sebagai suatu kumpulan dari pekerjaan yang mendukung
kegiatan operasional dalam perusahaan.
Proses bisnis berisi kumpulan aktivitas ** yang saling
berhubungan satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu hasil yang mendukung
pada tujuan dan sasaran strategis sang pelaku/organisasi. ** aktivitas : mengubah
input menjadi output yang lebih bernilai.
Dalam proses bisnis banyak pihak yang terlibat dan
kesemuanya itu akan terhubung dengan adanya informasi. Informasi dibutuhkan
untuk koordinasi antar departemen.
Contoh Proses bisnis
“Memenuhi Pesanan Pelanggan”
Proses bisnis untuk memenuhi pesanan pelanggan dapat
diuraikan sebagai berikut :
- Bagian penjualan menerima order
- Order-an diberikan kepada bagian akuntansi (Verifikasi kredit dan cara pembayaran)
- Turun Perintah Produksi
- Bagian produksi mengambil bahan dibagian persediaan (gudang bahan baku) selanjutnya melakukan kegiatan produksi
- Setelah selesai produk dikirim (pengiriman bisa melibatkan jasa Perusahaan Logistik)
Peran SI Pemasaran dan Penjualan
Bagi pihak MANAJEMEN
TOP Manajemen - Mengawasi
Pergerakan yang mempengaruhi produk baru dan peluang untuk melakukan pemasaran.
MIDDLE Manajemen - Penelitian
Pasar, Menganalisa Kampanye Periklanan dan Promosi, penentapan Harga,
menganalisa untuk memperbaiki kinerja penjualan
LOW Manajemen - Menempatkan
personel untuk menghubungi pelanggan, Melacak penjualan, Memproses pesanan,
Menyediakan layanan dukungan kepada pelanggan
Internet
Saat ini Internet dipergunakan
untuk berbagai aktivitas seperti komunikasi, riset, transaksi bisnis dan
lainnya. Teknologi internet menghubungkan jutaan jaringan komputer individual
dan organisasi di seluruh dunia.
Teknologi Internet telah
merevolusi kegiatan bisnis pada saat ini. Dengan kecanggihan teknologi
internet, keterbatasan jarak dan waktu dalam bisnis dapat teratasi. Perusahaan
menggunakan internet untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan calon
pelanggan melalui aktivitas OnLine (Pemasaran maya).
Dampak Internet
Internet hampir menghancurkan
beberapa industri dan mengancam yang lainnya.
Peran internet
Rantai Nilai dalam Internet
- Suatu perusahaan yang mempunyai hubungan internet dengan para pelanggannya bisa menyediakan manfaat bisnis dan peluang untuk keunggulan bersaing.
- Perusahaan yang mempunyai hubungan internet dengan para penyalurnya bisa menggunakannya untuk menciptakan keunggulan bersaing
Keunggulan media Internet
dibanding media lainnya bagi dunia usaha
- Revenue Stream (aliran pendapatan)
- Operating Cost (biaya operasional)
- Global Reach (jangkauan global)
- Customer Loyality (loyalitas pelanggan)
- Suplier Management (pengaturan pengiriman) 3PL
- High Fleksibility (tingkat fleksibilitas yang tinggi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar