Laman

Sabtu, 24 September 2016

MODUL 4 - SIM


Menggunakan Teknologi Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif




Perusahaan terhubung dengan elemen-elemen lingkungan melalui arus sumberdaya fisik dan sumberdaya konseptual. Sebuah perusahaan akan mengambil sumberdaya dari lingkungan, mengubah sumberdaya menjadi produk dan atau jasa lalu mengembalikan kembali ke lingkungan. Perusahaan berusaha memperoleh keunggulan kompetitif dengan mengelola sumber daya Fisik dan sumber daya konseptual.


Keunggulan kompetitif / Competitive advantage
(Perspektif Produk atau Jasa)

  • Menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah
  • Menyediakan barang dan jasa lebih baik dari pesaing
  • Memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu
(Perspektif dari komputer)
  • Ditujukan untuk tujuan strategis
  • Penggunaan informasi untuk mendapatkan pengaruh dari pasar
  • Mengandalkan lebih dari sumber daya fisik

Sebelum mengambil suatu Keputusan, manager akan melakukan Perencanaan.
Perencanaan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran dan harapan berkaitan dengan target yang ingin dicapai. Untuk mendukung kegiatan manager dalam perencanaan, setidaknya manajer akan didukung oleh faktor, yaitu informasi (komunikasi) dan komputer (teknologi)




Peran Teknologi Informasi dalam Organisasi
  • Looking Inward - Memandang perlu adanya perbaikan proses atau struktur didalam organisasi
  • Looking Outward - TI – mendorong peningkatan penjualan produk atau jasa
  • Looking Accros - Membuat Link antar organisasi dengan memanfaatkan Electronic Data Interchange (EDI)

6 Strategi Keunggulan Melalui T.I

Strategi
Peran TI
Hasil yang ingin di capai
TI digunakan untuk menurunkan biaya proses bisnis.
Meningkatkan efisiensi
Tiket On Line
TI digunakan untuk menurunkan biaya proses bisnis.
Memajukan inovasi bisnis
TI digunakan untuk menurunkan biaya proses bisnis.
Meningkatkan efisiensi
Tiket On Line
Mengunci pelanggan dan Pemasok
TI digunakan untuk menciptakan produk dan jasa.
Menciptakan Peluang-peluang Bisnis Baru
ATM – Mobile Banking
Meningkatkan Hambatan masuk
Menambah sejumlah Investasi atau Kompleksitas TI yang dibutuhkan untuk berkompetisi
Menambah market Share
Kartu belanja Carefoure - Diskon
Membangun Platform TI Strategi
Pengaruh investasi sistem informasi dari pengguna operasional sampai strategi
Menciptakan Peluang-peluang Bisnis Baru
Internet Banking BCA , Mandiri debit
Membangun Pusat informasi
Penggunaan TI untuk menyediakan informasi bagi dukungan strategi strategi kompetitif
Meningkatkan kolaborasi organisasi
Penggunaan Intranet






Perusahaan menggunakan Teknologi Informasi (IT) untuk mendapatkan keunggulan bersaing, dengan cara mencari informasi untuk mengambil tindakan serta mengeliminasi hal-hal yang tidak menguntungkan sehingga tercapai tujuan strategis perusahaan.




Teknologi Informasi adalah suatu cara atau alat yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.

Teknologi dan Jejaring Bisnis
Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok dalam menghadapi persaingan. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, perusahaan hendaknya membangun jejaring dengan tujuan untuk memudahkan perusahaan dalam memberikan respon dan memudahkan pelaksanaan transaksi bisnis dengan customer. Pembangunan Jejaring perusahaan  melalui komunikasi maya (Virtual) dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan alat teknologi informasi dan komunikasi.
 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar