Menggunakan Teknologi Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif
Perusahaan terhubung dengan
elemen-elemen lingkungan melalui arus sumberdaya fisik dan sumberdaya
konseptual. Sebuah perusahaan
akan mengambil sumberdaya dari lingkungan, mengubah sumberdaya menjadi produk
dan atau jasa lalu mengembalikan kembali ke lingkungan. Perusahaan berusaha memperoleh
keunggulan kompetitif dengan mengelola sumber daya Fisik dan sumber daya konseptual.
Keunggulan kompetitif / Competitive advantage
(Perspektif Produk atau Jasa)
- Menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah
- Menyediakan barang dan jasa lebih baik dari pesaing
- Memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu
- Ditujukan untuk tujuan strategis
- Penggunaan informasi untuk mendapatkan pengaruh dari pasar
- Mengandalkan lebih dari sumber daya fisik
Sebelum mengambil suatu Keputusan, manager akan melakukan Perencanaan.
Perencanaan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran dan harapan berkaitan dengan target yang ingin dicapai. Untuk mendukung kegiatan manager dalam perencanaan, setidaknya manajer akan didukung oleh faktor, yaitu informasi (komunikasi) dan komputer (teknologi)
Peran Teknologi Informasi dalam
Organisasi
- Looking Inward - Memandang perlu adanya perbaikan proses atau struktur didalam organisasi
- Looking Outward - TI – mendorong peningkatan penjualan produk atau jasa
- Looking Accros - Membuat Link antar organisasi dengan memanfaatkan Electronic Data Interchange (EDI)
6 Strategi Keunggulan Melalui T.I
Strategi
|
Peran TI
|
Hasil yang ingin
di capai
|
TI digunakan untuk menurunkan biaya proses bisnis.
|
Meningkatkan efisiensi
Tiket On Line
|
TI digunakan untuk menurunkan biaya proses bisnis.
|
Memajukan inovasi bisnis
|
TI digunakan untuk menurunkan biaya proses bisnis.
|
Meningkatkan efisiensi
Tiket On Line
|
Mengunci pelanggan dan Pemasok
|
TI digunakan untuk menciptakan produk dan jasa.
|
Menciptakan Peluang-peluang Bisnis Baru
ATM – Mobile Banking
|
Meningkatkan Hambatan masuk
|
Menambah sejumlah Investasi atau Kompleksitas TI yang
dibutuhkan untuk berkompetisi
|
Menambah market Share
Kartu belanja Carefoure - Diskon
|
Membangun Platform TI Strategi
|
Pengaruh investasi sistem informasi dari pengguna
operasional sampai strategi
|
Menciptakan Peluang-peluang Bisnis Baru
Internet Banking BCA , Mandiri debit
|
Membangun Pusat informasi
|
Penggunaan TI untuk menyediakan informasi bagi dukungan
strategi strategi kompetitif
|
Meningkatkan kolaborasi organisasi
Penggunaan Intranet
|
Perusahaan menggunakan Teknologi Informasi (IT) untuk
mendapatkan keunggulan bersaing, dengan cara mencari informasi untuk mengambil
tindakan serta mengeliminasi hal-hal yang tidak menguntungkan sehingga tercapai
tujuan strategis perusahaan.
Teknologi Informasi adalah suatu
cara atau alat yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas. Teknologi yang memanfaatkan
komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang
bermanfaat.
Teknologi dan Jejaring Bisnis
Pergerakan bisnis yang semakin
cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat
guna mempertahankan pelanggan, pemasok dalam menghadapi persaingan. Untuk menghadapi persaingan yang
semakin ketat, perusahaan hendaknya membangun jejaring dengan tujuan untuk
memudahkan perusahaan dalam memberikan respon dan memudahkan pelaksanaan
transaksi bisnis dengan customer. Pembangunan Jejaring perusahaan melalui komunikasi maya (Virtual) dapat
dilakukan dengan menggunakan bantuan alat teknologi informasi dan komunikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar