Laman

Senin, 22 Februari 2016

MODUL 3 - Strategi Korporasi



PROSES MANAJEMEN STRATEGI

Model Proses Manajemen strategi
  • ·William G. Fluck & Lawrence R. Jauch
  • ·         Gregory Dess & Lex Miller
  • L. Wheelen & J. David Hunger
 
 
Visi dan Misi
cita-cita dimasa depan yang difikirkan oleh pendiri atau pemimpin organisasi.
To Be … ”Ingin menjadi apakah kita?” , “Apa yang ingin kita capai?”.

Visi adalah sebuah pernyataan (Statement) pernyataan visi seringkali merupakan kalimat tunggal. Visi organisasi menggambarkan posisi penting atau peluang besar yang mungkin akan diraih dimasa depan Visi lebih menunjukkan apa yang ingin dicapai, bukan bagaimana cara mencapainya.

Pernyataan visi bisa berupa  
  •  Hasil akhir
  • Kemampuan

Tentang Visi
Visi merupakan representasi dari keyakinan bagaimanakah seharusnya organisasi atau perusahaan dimasa depan dalam pandangan pelanggan, karyawan, pemilik, dan stakeholder lainnya.

Menyusun Visi (Menggambarkan Masa Depan)
James C. Collins & Jerry I. Porras
VISI menggambarkan sesuatu :

  • tujuan (Goals)
  • besar (Big)
  • panjang (Hairy)
  • kuat (Audacious)
Unsur Penyusunan VISI

  • Ideologi Inti à yang mendasari agar tetap konstan. “ini adalah mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan
  • Tujuan Inti di masa depan “ Sesuatu yang Menggoda”

Kata Kunci VISI :

  • Menjadi …
  • Menciptakan …
  • Mengupayakan …
  • ...“bertaraf internasional”
  • ... “unggul”
  • Efisien
MISI
Misi adalah pernyataan yang menjawab pertanyaan alasan kenapa perusahaan ini ada
  • Siapa kita?
  • Apa yang kita lakukan?
  • Untuk siapa kita melakukan?
  • Mengapa kita melakukan?

Pernyataan Misi
  • Mengesankan
  • Memaksa
  • Dipusatkan pada pelanggan
  • Mudah dihafalkan
Kata Kunci Misi
  • Fasilitas
  • Mengembangkan
  • Kualitas
  • Meningkatkan
  • Memberi
  • dll
Misi akan membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lain yang sejenisnya.
apa bisnis kita ?

 

Tujuan (Objective)
William G. Flueck
Tujuan adalah hasil akhir yang dicari atau dicapai organisasi dengan kemampuan dan aktivitas-aktivitasnya.

P. Kotler
Tujuan adalah suatu sasaran organisasi yang dibuat khusus sehubungan dengan besarnya waktu dan siapa yang bertanggung jawab.

Tujuan itu harus SMART



  • Simple
  • Measuremenable
  • Applicable
  • Reliabel
  • Time Able
Proses Perencanaan Strategi
  • Analisis Situas
  • Harapan Masyarakat
  • Harapan Perusahaan
  • Data Dasar
  • Analisis SWOT

Implementasi Strategi
Menurut Hunger untuk memulai proses implementasi, pihak manajemen harus memperhatikan 3 (tiga) pertanyaan berikut :
  1. Siapa yang akan melaksanakan rencana strategis ?
  2. Apa yang harus dilakukan?
  3. Bagaimana sumberdaya manusia yang bertanggungjawab dalam implementasi ?

Evaluasi & Pengawasan Strategi
Pada dasarnya evaluasi strategi mencakup 3 hal, yaitu:
  • Mereview faktor internal dan eksternal
  • Mengukur kinerja yang telah dilakukan, dan
  • Mengambil berbagai tindakan perbaikan.
 




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar